Kejar Efisiensi, Camry Terbaru Pakai Mesin Turbo

Tokyo, KompasOtomotif — Merek-merek Jepang kini mulai masuk lagi ke era mesin turbo yang disematkan pada mobil produksi. Honda memasang mesin 4-silinder 1,5 liter turbocharger pada Civic dan Accord terbaru serta model CR-V pada masa mendatang.

Kali ini, seperti dilansir Automotive News, Selasa (28/7/2015), Toyota dikabarkan juga akan menggunakan mesin 4-silinder 2,0 literturbocharger. Mesin tersebut akan dipasangkan di sedan Camry terbaru.

Mesin baru Toyota itu sebelumnya telah digunakan di Lexus bermesin turbo pertama, crossover NX200t, serta yang terkini, sedan IS 200t. Pada Camry, mesin 2,0 liter turbocharger akan menggantikan tipe mesin V6 3,5 liter bertenaga 268 tk dan torsi 336 Nm. Belum ada keterangan resmi mengenai besaran tenaga mesin baru Camry. Namun, pada model Lexus, tenaga pada mesin itu bisa diatur hingga 241 tk dengan torsi 350 Nm.

Pada Lexus IS 200t, mesin 2.0L turbocharger dipadankan dengan transmisi otomatis 8-percepatan dan sistem gerak roda belakang. Dari informasi yang beredar, Camry terbaru kemungkinan akan tetap menggunakan sistem gerak roda depan. Namun, jenis transmisi yang akan digunakan belum bisa dipastikan.

Penggunaan mesin baru berkapasitas kecil menjadi langkah yang dilakukan pabrikan dalam menggapai regulasi emisi bahan bakar dan tingkat keiritan yang semakin diperketat. Strategi ini dilakukan secara terpisah dari pengembangan teknologi baru berupa sistem gerak listrik dan hibrida.

"Tenaga penggerak masih di area yang kami lihat sendiri, masih bisa dikemas dengan menghasilkan angka efisiensi yang signifikan," kata Andrew Coetzee, Wakil Presiden Perencanaan Produk Grup Toyota.

Sumber : http://otomotif.kompas.com/read/2015/07/28/183100115/Kejar.Efisiensi.Camry.Baru.Pakai.Mesin.Turbo

Related Posts:

0 Response to "Kejar Efisiensi, Camry Terbaru Pakai Mesin Turbo"

Posting Komentar